Pemerintah Harus Atasi Kelangkaan Gas Oksigen

JAKARTA (Pos Kota) - Kelangkaan oksigen kian menjadi momok menakutkan, terutama bagi pasien Covid-19 tak mampu yang sedang membutuhkannya. 

Karena itu, Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah segera mengatasi kelangkaan oksigen terjadi di sejumlah daerah, khususnya Jawa dan Bali.

Menurutnya, masalah kelangkaan ini bisa ditangani lebih baik dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi digital, terkait pendataan kamar rumah sakit dan oksigen.  

"Selain menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, saat ini persoalan yang tak kalah mendesak untuk diatasi ialah kelangkaan oksigen bagi pasien Covid-19," ucapnya dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (5/7).

Puan menegaskan pemerintah pusat harus bergerak lebih sistematis dan cepat untuk mengatasinya karena berdampak pada keselamatan pasien yang tengah dirawat.

Cara Reaktif Semata

Politisi PDI Perjuangn ini mengatakan persoalan kelangkaan oksigen ini tidak bisa diatasi dengan cara-cara reaktif semata. Tetapi harus diantisipasi sedini mungkin. Pemanfaatan teknologi informasi digital secara maksimal harus dilakukan untuk mendapatkan data yang solid dan transparan hingga ketersediaan tempat tidur, rumah sakit dan oksigen di berbagai kota bisa dipetakan.

"Dengan pendataan dan pemetaan ini bisa diketahui ketersediaan oksigen di suatu kota sudah mulai menipis. Bisa dikirim dari kota terdekat atau disuplai dari pemerintah pusat sehingga oksigen tidak sempat habis lebih dulu," jelasnya.

Puan mendesak pemerintah segera mengeksekusi kebijakan mengalihkan oksigen untuk kebutuhan industri menjadi oksigen medis. Selain itu, pengawasan terhadap rantai pasokan oksigen dari produsen ke konsumen juga disebutnya mesti menjadi perhatian pemerintah. (rizal/bi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemprov Kalteng Terima Bantuan Oksigen

Mewaspadai Defisit Oksigen

Penjual Tabung Oksigen Minta Pembeli Tunjukkan Hasil PCR