Pemerintah Atur Distribusi Oksigen

Palmerah, Warta Kota, Pemerintah kini mengatur distribusi tabung oksigen. Hal itu mencegah kelangkaan tabung oksigen seperti yang terjadi saat lonjakan Covid-19 sepekan terakhir ini. Hal itu dipastikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers yang disiarkan lewat daring Senin (5/7).

"Ketersediaan oksigen memang sempat ada kekurangan. Tapi sudah kami atasi dan kami mulai upayakan impor agar memenuhi ketersediaan untuk kesehatan masyarakat," ujar Luhut. Luhut mengatakan salah satu penyebab langkanya tabung oksigen di masyarakat sepekan terakhir ialah karena permintaan yang naik tiga kali lipat. Sehingga distribusi ke pasaran sempat tersendat.

Namun, kini pemerintah telah berkoordinasi dengan lima produsen tabung oksigen terbesar di Indonesia untuk mengutamakan kebutuhan kesehatan masyarakat. Pihak Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perindustrian juga sudah berkoordinasi untuk menjaga ketersediaan tabung oksigen di masyarakat.

Sementara itu Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya sudah identifikasi kebutuhan tabung oksigen di rumah sakti-rumah sakit. "Kami juga telah membuat Satgas oksigen di masing-masing provinsi untuk awasi ketersediaan tabung oksigen dan distribusinya," jelas Budi. Apabila terjadi kelangkaan, maka pihak Kementerian Kesehatan akan meminta Kementerian Perindustrian untuk alokasikan tabung oskigen untuk kesehatan. (m24) 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemprov Kalteng Terima Bantuan Oksigen

Mewaspadai Defisit Oksigen

Penjual Tabung Oksigen Minta Pembeli Tunjukkan Hasil PCR