3 Penipu Penjual Tabung Oksigen Digulung. Uang Sudah Ditransfer Barang Tidak Dikirim

JAKARTA (Pos Kota) - Jajaran Direktorat Reserse Krimimal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya membekuk tiga tersangka penipuan bermodus jual tabung oksigen melalui media sosial. 

Ketiga tersangka yakni berinisial ATKG alias AW, A, dan S, meringkuk di Mapolda Metro Jaya setelah ditangkap di daerah Sulawesi Selatan, dimana desa tersebut merupakan kumpulan sindikat penipu. 

Kabid Humas Pold Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan, Ketiga pelaku yakni ATKG alias AW berperan sebagai pemilik akun umina_collection99 yang menawarkan tabung oksigen seharga Rp 750 ribu di Instagram.

Kemudian, SA alias A pemilik rekening dan AS alias S berperan sebagai pelaku yang menyediakan rekening penampung aksi ketiga pelaku tersebut sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. 

Modus

"Modusnya mereka menawarkan dengan menggunakan akun media sosial tetapi uang sudah ditransfer barang itu tidak ada," kata Yusri saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (9/7).

Menambahkan, para pelaku-pelaku memanfaatkan kapanikan masyarakat untuk mencari keuntungan di tengah pandemi Covid-19.

"Tiga orang tersangkanya ini memanfaatkan momen seperti ini mencari keuntungan dengan menawarkan tabung oksigen tersebut melalui media sosial," ujar Yusri. Yusri menyebut, ketiga pelaku berasal dari salah satu kecamatan di Sulawesi Selatan.

Penangkapan ketiga pelaku bermula adanya laporan masyarakat yang menjadi korban penipuan. Dua korban itu berinisial IB dari Jakarta Utara yang membeli sebuah tabung oksigen dan IP dari Jakarta Pusat yang membeli sembilan buah tabung oksigen.

Kemudian polisi melakukan patroli cyber dan mengamankan pelaku dengan menjemput bola di Sulsel. Ketiganya dijerat Pasal Berlapis Di antaranya, pasal 28 ayat 1 KUHP, Pasal 8 ayat 1, Pasal 45 (a) ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancamannya 6 tahun penjara. Kemudian, Pasal 378 dengan ancaman paling lama 4 tahun penjara. (adji/yh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemprov Kalteng Terima Bantuan Oksigen

Mewaspadai Defisit Oksigen

Penjual Tabung Oksigen Minta Pembeli Tunjukkan Hasil PCR